Mengenal Nama Pakaian Adat China
2022-07-02 22:02:59 Author: chineseRd_IDAD

Nama Pakaian Adat China. Pakaian tradisional Tiongkok adalah hasil perpaduan kreatifitas dari jaket dan celana panjang yang longgar, dan potongannya lurus. Pakaian itu mencerminkan estetika, filosofi, dan nilai-nilai sosial tradisional Tiongkok selama mereka berkebudayaan selama lebih dari 3.000 tahun.


Hanfu, setelan Zhongshan , setelan Tang, dan cheongsam (qipao) adalah empat nama pakaian adat china tradisional yang paling khas. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya di bawah ini. 


Empat Jenis Pakaian Adat Tiongkok

  1. Hanfu — Pakaian Tradisional Tiongkok yang Paling Tua


Hanfu ialah setelan khas Tiongkok yang paling tua. Sejarah melacaknya kembali ke lebih dari 4.000 tahun yang lalu ketika permaisuri China, Leizu, membuat kain dengan sutra. Pakaian tersebut dipakai hingga beberapa dinasti.


Sampai Dinasti Han, Hanfu diadopsi dan dipromosikan oleh kelas penguasa. Itu kemudian menjadi pakaian nasional orang-orang Han yang merupakan etnis mayoritas di Tiongkok. Pakaian hanfu juga memiliki pengaruh luas di negara-negara Asia lainya, seperti Korea, Jepang, dan Vietnam.

Saat ini, orang sangat jarang memakai Hanfu kecuali pada acara-acara khusus, seperti festival dan upacara pernikahan.

  1. Qipao (Cheongsam) — Pakaian Tradisional Tiongkok yang Paling Terkenal


Cheongsam (qipao) berevolusi dari changpao ('gaun panjang') wanita Manchu dari Dinasti Qing. Orang-orang etnis Manchu juga disebut orang-orang Qi oleh orang-orang Han; maka gaun panjang mereka diberi nama qipao ('gaun Qi').


Berasal dari Dinasti Qing, cheongsam terutama berkembang menjadi gaya per daerah seperti beijing, shanghai, dan lain sebagainya. Ada banyak perbedaan dalam dekorasi, warna, bahan, dan desain. 

  1. Pakaian Tang


Setelan Tang sering mengacu pada jenis jaket China daripada pakaian Dinasti Tang itu sendiri. Asal usul pakaianTang sebenarnya justru berasal dari era Dinasti Qing. Ini dikembangkan dari jenis pakaian Manchuria era itu. 

  1. Setelan Zhongshan — Pakaian Formal Tradisional untuk Pria


Setelan Zhongshan, juga dikenal sebagai setelan Mao jika berada di luar negeri, adalah sejenis jaket pria. Ini pertama kali dianjurkan oleh Sun Yat-sen (karena sun yat sen di Tiongkok bernama zhongshan maka disebutlah setelan Zhongshan).


Desain setelan Zhongshan menggabungkan gaya pakaian tradisional Tiongkok dan pakaian Barat. Setelan Zhongshan memiliki empat kantong besar di bagian depan, dengan jarak yang sama di kiri dan kanan. Ada lima kancing tengah di bagian depan dan tiga kancing kecil di setiap tangan. Setelan Zhongshan dapat dikenakan pada acara formal dan santai karena bentuknya yang simetris, penampilannya yang kalem, keanggunan, dan kesan yang stabil.

Itulah empat nama pakaian adat china yang terus populer hingga sekarang ke seluruh penjuru dunia. Tentunya pakaian-pakaian tersebut sudah jarang digunakan di keseharian dan hanya digunakan di acara-acara formal maupun tradisi saja.