5 Hidangan Penutup yang Populer di China
2022-09-11 16:11:52 Author: Fenny Kie 纪芬芬

Berbicara soal negara China, selain kaya akan keunikannya budaya juga tidak lepas dari beragam kuliner yang menggugah selera. Sebelum melihat daftar makanan di bawah, apakah Anda pernah memakan atau melihat hidangan penutup dari China? Kira-kira apa yang pertama kali terbesit di pikiran Anda?.Bagi Anda yang sama sekali belum pernah melihat atau mencicipinya, mari kita bahas bersama di bawah ini:

1.杏仁冻 Xìngrén dòng (Jelly Almond)

杏仁冻 Xìngrén dòng (Jelly Almond) adalah salah satu makanan penutup China yang paling sederhana dan paling populer. Jelly almond sangat mudah dibuat, hanya membutuhkan kombinasi susu, almond bubuk, air, dan agar-agar. Kemudian biar lebih segar bisa disajikan dengan buah.

 

2.糖葫芦 Tánghúlu (Manisan Buah)

糖葫芦 Tánghúlu (Manisan Buah) terbuat dari buah-buahan yang dikeringkan seperti jeruk, ceri, anggur, kiwi, pisang, nanas, dan strawberry merupakan paduan rasa buah yang segar dengan air gula. Awal kisah penemuan manisan buah ini, yaitu di masa Dinasti Song ada selir yang jatuh sakit. Dia pucat dan kurus dan tidak mau makan. Tabib kekaisaran mengambil banyak obat-obatan berharga, tetapi tidak ada yang berhasil. Setelah mendiagnosis denyut nadi sang Selir, seorang tabib berkata: "Rebuslah gula batu dan buah merah, makan lima hingga sepuluh potong sebelum makan, dan kamu akan sembuh dalam waktu setengah bulan." Pada awalnya, semua orang masih skeptis Untungnya, cara makan ini juga sesuai dengan selera selir kekaisaran. Setelah selir kekaisaran mengambil metode ini, dia pulih sesuai jadwal. Kaisar secara alami sangat gembira dan mengerutkan kening. Kemudian, praktik ini menyebar ke rakyat, dan rakyat jelata memasangnya di tali dan menjualnya, itu menjadi permen batu.

 

3.龙须酥 Lóng xū sū (Pemen Jenggot Naga)

龙须酥 Lóng xū sū (Pemen Jenggot Naga) adalah makanan penutup tradisional China yang mirip permen kapas. Menurut legenda, Permen Jenggot Naga ditemukan selama Dinasti Han oleh seorang koki istana kekaisaran yang suatu hari ingin menghibur Kaisar dengan penemuan hidangan baru.

 

4.桂花馬蹄糕 Guì huā mǎtí gāo (Kue Air Kastanye)

桂花馬蹄糕 Guì huā mǎtí gāo (Kue Air Kastanye) populer di kota Guangzhou. Fujian dan Nanning. Kue ini dengan bubuk kastanye dan gula atau dikukus dengan bubuk ubi jalar. Kue air kastanye rasanya manis dan cepat lumer di mulut.

 

5.云片糕 Yún piàn gāo (Kue Awan)

云片糕 Yún piàn gāo (Kue Awan) juga dikenal sebagai kue salju, adalah kue tradisional Provinsi 江苏. Namanya tercerminkan dari ketipisan kue dan warnanya. Fakta unik dari pembuatan kue ini adalah setiap bahan harus berkualitas tinggi. Misalnya, tepung ketan yang sudah disangarai harus disimpan selama sekitar setengah tahun untuk menghilangkan kekeringannya begitu gula harus menggunakan gula dengan kualitas terbaik.  

5 Hidangan penutup di atas kelihatannya sangat  lezat bukan? Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?. Tentu saja Negara China sangat menyambut baik kehadiran Anda untuk berlibur dan mencicipi keunikan kuliner di China. Jangan lupa untuk mempersiapkan bahasa Mandarin Anda agar bisa berwisata dengan leluasa. Percayakan dengan ChineseRd tentunya untuk kebutuhan belajar Bahasa Mandarin Anda.