Etiket Menggunakan Sumpit
2022-09-06 16:12:51 Author: f

Dalam kegiatan interaksi sosial, kita selalu diharapkan untuk bisa menghormati satu sama lain, orang telah menyepakati kode etik yang lazim dan diakui secara umum dalam hal penampilan, penampilan, sopan santun, ritual, ucapan dan perilaku, dll. Etiket adalah istilah umum untuk tata krama, sopan santun, tata krama dan upacara. Berikut ini adalah pengenalan saya tentang etiket sumpit dari etiket makanan China, semoga dapat membantu Anda!

 

Sumpit adalah peralatan makan yang paling penting dalam makanan China. Menggunakan sumpit dengan benar dan menguasai tata cara penggunaan sumpit dapat menghindari rasa malu dan ketidaknyamanan akibat penggunaan sumpit yang salah saat makan.

Penggunaan sumpit yang benar harus memperhatikan hal-hal berikut:

1.Jangan memukul mangkok atau piring menggunakan sumpit, karena di China sikap seperti ini dihubungkan dengan sikap pengemis yang sedang meminta minta.

 

 2.Jangan pernah menusukkan sumpit di makananmu Jika Anda tidak ingin makan makanan lagi, jangan menusukkan sumpit di makanan Anda. Posisinya menyerupai dupa yang Anda persembahkan kepada orang mati seperti halnya orang Tionghoa menempelkan dupa di atas nasi untuk memberi penghormatan kepada orang yang sudah meninggal.

 

3.Jangan gunakan sumpit untuk memindahkan peralatan makanan Jika seseorang mengundang Anda untuk makan siang atau makan malam, gunakan tangan Anda untuk melewati mangkuk saji alih-alih menggunakan sumpit Anda.

 

4.Jangan menggunakan sumpit dengan panjang yang tidak serasi Menurut tradisi China, sumpit yang panjangnya tidak serasi membawa arti kematian atau kemalangan yang biasanya dikenal dengan ungkapan 三长两短 sān cháng liǎng duǎn.

 

5.Jaga agar sumpit tetap menyatu Saat meletakkan sumpit, simpan di sisi mangkuk atau piring Anda di area yang ditentukan. Anda akan diberikan balok kecil untuk mengistirahatkannya tetapi jika tidak, maka Anda harus meletakkan sumpit bersama-sama dengan ujung yang saling bertemu. Jangan pernah membiarkan mereka disilangkan di atas piring karena itu adalah tanda penolakan, yang berarti Anda tidak menyukai tuan rumah dan menyangkal kebaikan mereka.

 

6. Jangan menggigit atau menjilat sumpit dengan mulut. Beberapa orang suka menjilat sisa makanan di sumpit dengan mulutnya saat makan, atau menggigit sumpit. Ini sangat tidak sopan, dan juga akan mempermalukan orang-orang di sekitar Anda.

 

7. Arahkan secara acak tanpa memegang sumpit. Beberapa orang menggunakan sumpit untuk menunjuk orang saat mereka makan, atau menggunakan sumpit untuk mengacungkan jari telunjuk mereka ke depan dan ke belakang.Ini adalah kurangnya kultivasi diri dan perilaku tidak sopan, dan itu juga akan membuat orang lain merasa tidak dihargai.

 

8. Jangan letakkan sumpit bersilangan di atas meja. Menyilangkan sumpit di atas meja dengan santai selama makan adalah untuk mengungkapkan semua penolakan kepada orang lain di meja yang sama, yang juga sama dengan menyangkal diri sendiri, yang sangat tidak sopan.

 

9. Jangan menggunakan sumpit sebagai tusuk gigi, yang tidak hanya akan merusak citra diri sendiri, tetapi juga membuat orang lain sakit.

 

10. Jangan meneteskan sup ke mangkuk lain atau di atas meja saat memetik sayuran.Jika supnya banyak, Anda bisa mengambil mangkuk nasi sendiri untuk melanjutkannya, atau menggunakan sendok umum.

 

11. Letakkan sumpit di sisi kanan mangkuk nasi sebelum makan, dan letakkan dengan lembut setelah makan. Jangan memasukkan sumpit ke dalam mangkuk, dan jangan meletakkan sumpit di atas mangkuk,

 

12. Saat menggunakan sendok sup, letakkan sumpit terlebih dahulu, lalu ambil sendok untuk menghindari  menghalangi piring orang lain.